Inilah Birokrasi

Tadi siang saya dan beberapa teman yang tergabung dalam satu kelompok di matakuliah SO pergi ke suatu instansi pemerintah di kota Palembang untuk keperluan studi lapangan, rencananya kami mau neliti *alaah neliti! hahaa* sistem operasi yang dipakai di sana, kenapa sistem operasi itu yang dipilih, dan sejauh mana memanfaatan teknologi informasi di sana. Prosedural, sebagai mahasiswa yang mau studi lapangan, kita ngajuin proposal gitu dong, minimal surat pengantar dari kampus deh.. nah itu ntar di kasih ketempat yang dituju untuk kemudian nunggu ACC dari yang berwenang, klo emang d ACC baru deh penelitian bisa dilanjutkan. Parah! udah di belabelain ujan-ujan naek bus kesana, eh ternyata si ‘bapak berwenang’ lgi ga ada di tempat, dan baru kembali seminggu lagi.. ayayayyaya.. lama cuy, padahal kan kita disana juga ga ribet-ribet banget sih, cuma ngumpulin data dan tanya-tanya dikit tentang ini dan itu. hwhwhw…

“Apa yang bisa dibikin sulit, kenapa harus dibikin mudah?” gitu deh kira-kira gambaran birokrasi di indonesia: BERTELE-TELE! Segala pengambilan keputusan serba sentralisasi, apapun sepertinya jadi tergantung sama tanda tangan ‘sakti’ sang pimpinan. Lah gimana kalo si pimipinan ini lgi ga ada di tempat? semua rencana bisa tertunda cuma gara-gara disposisi ga turun. iya, emang semuanya ada prosedur dan itu harus di ikuti, tapi kan ga ada salahnya kalo desentralisasi itu di legalkan saat sang pimpinan lgi ga ada.. hmmm..

*bicara apa aku ini???*

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s