Give Them U’r Coins

Tersebutlah Koin untuk Prita, berawal dari Seorang Ibu bernama Prita Mulyasari yang ‘berseteru’ dengan suatu rumah sakit perihal pencemaran nama baik yang telah dilakukan Prita melalui curhat nya di milis. Ibu Prita sempat ditahan dan diharuskan membayar ganti rugi sebesar 210 juta rupiah. Hal ini langsung diprotes banyak pihak. Saya setuju dengan protes ini, logikanya gini “Konsumen bicara, kok malah masuk penjara?”. Koin Untuk Prita, adalah sebuah wadah yang menampung koin-koin sumbangan masyarakat untuk meringankan beban Prita. Mengejutkan, angka yang terkumpul dari penggalangan dana ini diluar dugaan. 600 juta lebih! Penggalangan dana yang lagi santer terdengar sekarang ialah Koin Cinta Bilqis. Bilqis Anindya Passa, seorang gadis kecil  penderita Atresia Bilier berumur 17 bulan, akibat dari saluran empedu bilqis tidak terbentuk sempurna. Untuk transplantasi hati, dana yang diperlukan tidak sedikit : 1 Milyar rupiah. Koin Cinta Bilqis ternyata mendapat respon masyarakat yang lebih spektakuler, 1,3 Milyar Rupiah berhasil terkumpul  dalam waktu kurang dari 1 bulan saja.
Satu lagi penggalangan dana yang terbilang cukup unik karena sebetulnya berawal dari peristiwa pencurian.  Penggalangan dana ini digawangi komunitas forum online terbesar di indonesia, kaskus. Mbah Miswan adalah seorang penarik beca, suatu pagi  klo ga salah 4 Februari 2010 kemarin, Mbah Miswan dengan beca nya pergi kepasar sejauh 15km untuk mengangkut sayur mayur. Saat ia menurunkan barang-barang nya di pasar, seketika beca Mbah Miswan hilang dicuri orang. Mbah yang kala itu tidak punya uang sepeserpun tidak berani pulang, ia mengaku takut titanya juragan yang punya beca.  Dalam waktu kurang lebih 4 hari, uang yang terkumpul untuk si Mbah berjumlah 24 juta rupiah. Rencananya, uang ini akan digunakan untuk memesan beca baru untuk si Mbah, dan modal jualan nasi rames untuk istrinya si Mbah, selebihnya digunakan untuk biaya kesehatan si Mbah yang memang sudah uzur. Mengharukan bagi saya, selengkapnya  mengenai Mbah Miswan bisa teman teman baca disini.
Saya yakin, semua pun akan sepakat jika saya bilang penggalangan dana adalah salah satu wujud kepedulian sosial. telah menjadi akrab di telinga kita mulai Koin Untuk Prita, Koin Cinta Bilqis, sampai yang terbaru (kaskuser pasti tau), Receh Untuk Mbah Miswan. Sebetulnya ada beberapa lagi penggalangan  koin dana serupa, tapi ga bisa saja ulas semuanya di sini.  Kegiatan penggalangan dana seperti itu tampaknya makin mudah ditemui, mungkin karena masyarakat Indonesia telah mulai tergugah hatinya untuk lebih peduli pada sesama. Yang jelas saya angkat topi pada jiwa sosial dan kreativitas dibalik itu semua…
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s