Mamang Ojek, Nama Jalan, dan Rezeki.

WHAT A FULL DAY! kuliah penuh banget hari ini, tiga matakuliah non stop kecuali ishoma. jalanan macet pula. debuan pula. kebakaran hutan pula. asap dimana-mana. satu jam perjalanan betulan menguras habis tenaga. pulang dari ngampus juga langsung ngajar privat. dan nyampe rumah matahari udah ga ada. capek? iya! wanita super? bukan! saya juga punya batas.. fiuuuh. lelah bo. btw ada sedikit cerita tentang rutinitas ngajar hari ini. ga spesial, cuma pengen berbagi aja.

“Mang, ojek!”
“Kemano dek?”
“Arah sano, masuk lorong depan PDK”
“Mmm..” (mikir) “oo iyo, Jalan Raden. yang Jalan Raden itu ye!”
“Raden? Iyo iyo. gancang mang, telat aku” (naekin motor)

Dalam perjalanan hampir dua kilo itu saya terus-terusan mikir, “eh, tadi si mamang bilang Jalan Raden? raden yang mana ya?” soalnya seinget saya itu namanya Jalan Bunga.. motor ojek terus melaju dan saya ga ambil pusing lagi toh tar kalo si mamang salah jalan tinggal saya tunjukin aja yang bener kan.. tiga menit berlalu, jalan yang ditempuh masih bener-bener aja.. saya ga ngasih petunjuk sama sekali sama si mamang. dan akhirnya sampailah saya di depan jalan masuk ke rumah Dea. Hebat nih mamang. Mata saya langsung mengekor ke pinggir jalan, mencari papan nama jalan. ada! dan bener kok tulisannya Jl.Bunga. nah kenapa dibilang si mamang Jalan Raden???
Setelah saya ngasihin duit ke mamangnya, saya lantas ga sengaja ngeliat papan petunjuk dipinggir jalan, tulisannya gini “Bandara Residence 300m”. Lantas saya senyum senyum sendiri.. ini dia yang kata si mamang tadi Jalan Raden. Residence, dan Raden. dua hal yang dalam pengucapannya memang rada mirip. mungkin penumpang mamang itu suka bilang “mang, ke residence” yang ditangkep mamang itu “mang ke raden”. Hahaha tawa saya meledak.

“makasih ya Dea, kak Nabila pulang dulu. oia kasih tau mama, besok kita pertemuan terakhir”
“iya kak.. oh iya kak ini dari mama, buat nambahin ongkos” (ngasih sesuatu warnanya putih)
“makasih dek…. salam buat mama ya” (nyengir najong.. dapet amplop euy!)

namanya rejeki ga bisa di tebak ya. alhamdulillah, saya dapet tambahan diluar gaji. amplopnya belum saya buka.. nanti aja sekalian lusa pas buka amplop gaji yang dari yayasan. hehehe. asoooyyy gebooy. selanjutnya saya mohon diri untuk pulang secara hari udah malem. sampe depan lorong ada mamang ojek yang nawarin ojek ke saya.

“Dek, ojek?” (gaya sok keren banget)
“Iyo mang, ke belakang Palapa Permai”
“Oke” naiklah saya dan motor meluncur.
selang 100 meter kemudian si mamang bilang “Dek, minyaknyo nak abis”
“ai bebener mang??” dan ga lama setelah itu itu motor beneran mati.

Kampret.. ini udah tau mau cepet ada aja halangannya. lagian si mamang yang ini bodoh apa bego sih? udah tau ga ada minyak eh malah maksa buat narik. saya sempet kesel, tapi si mamang janji mau nyariin ojek pengganti buat saya. alhasil saya ditemenin dia dipinggir jalan sembari nungguin ojek lain yang lewat. dari kejauhan ada dua motor yang jalan pelan, pengemudinya sambil ngobrol. dari seragamnya sih orang kantoran. nah pas di deket kita tu motor makin melan. dan si mamang ojek saya berinisiatif untuk minta tolong ke abang-abang itu.

“Dek, dek.. dek..” (melambaikan tangan)
(motor si abang berenti) “Ngapo kak?”
“ini dek, tolong anterke mbak ini ke depan dek….?”
“lah, motornyo ngapo?”
“abes minyak…”
“ooo..iyo payo….”
naeklah saya. “ke depan kak yo”
“iyo” diem bentar trus ngomong lagi “dari mano mbak?”
“ngajar kak. privat”
“keliling?”
“keliling? maksudnyo? aku dateng ke rumah kak, guru panggilan”
“iyo itula maksud aku keliling tuh..”
“….” saya diem aja deh.
“itu tadi ngapo?”
“tauk kak, mamang ojek itu lolo pulo. abis minyak”
“ooooo ojek dio tuh?????? HAHAHAHA aduh..”
“…..”
“Nah sampe kito. disini kan mbak?”
“Iyo.. Nah kak” (ngasih duit ongkos)
“Ay dak do dak do…” (senyum-senyum) “payo mbak ee..” (capcus)
“Mokasiih kak!!”

Yay rejeki lagi….saya jadi hemat 5000, nominal ga seberapa.. tapi lihat bagaimana cara tuhan membagi rejeki bagi umatnya. ga disangka sangka. saya sampai terharu. hari ini alhamdulillah dapet rezeki lebih dari cukup. berhubung saya cuma nebeng ke depan, saya mau ga mau mesti nyambung naek ojek lagi dong utk nganterin saya ke rumah. tapi bukan masalah sulit, soalnya disebrang jalan ada pangkalan ojek. 🙂

“Dek, ojek?”
“Iyo mang, belakang palapa ye, lewat jalan yang pertamo”
“Sip, naeklah. Jalan Raja Sapi kan?”

saya naekin aja tu motor, dan setelah jalan beberapa meter saya baru mikir. apa dia bilang?? Jalan Raja Sapi? apa lagi ini???  jalan depan rumah saya adalah Jalan Sultan Hasanuddin. bukan Jalan Raja Sapi…!!  APA SULTAN HASANUDDIN ADALAH SEORANG RAJA SAPI????? BUKAN!!!! kali ini ga mungkin salah, masa saya lupa alamat rumah sendiri ya ga? Tapi sesampai di depan jalan yang saya maksudkan kebingungan saya pun terjawab. Mata saya menangkap papan nama pinggir jalan, tulisannya gini. “MENJUAL SAPI, HUBUNGI RUJITO HP.081278XXXXX”
oo ini dia ternyata. selanjutnya saya nahan ngakak sampe keluar air mata.
kesimpulan hari ini adalah yang pertama, rezeki dari Allah datang ga diduga-duga lewat jalan yang ga diduga-duga juga. dan kesimpulan yang kedua, mamang ojek di daerah sekitar saya ternyata punya kebiasaan menamai jalan sesuka mereka sendiri. (- -)”
   
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s