Pemikir yang bagaimana kah kamu?

Masih ada hubungannnya dengan previous post yang menceritakan tentang tes kepribadian.. Saya jadi inget tentang satu tes lagi yang juga pernah saya ikuti beberapa tahun yang lalu saat saya masih duduk di bangku SMA. Waktu itu hari sabtu dan sedang ada kegiatan sain (sajian informasi) dari sekolah. beruntung sekolah saya rutin menyajikan info terkini, pengetahuan, dan banyak hal hal inspiratif lainnya. antara lain ya tes tes macam ini… karena kata guru saya dulu, semakin kita kenal diri kita sendiri maka akan makin mudah bagi kita untuk mengendalikan diri, mengasah kelebihan yang kita punya, dan mengubah kelemahan menjadi kekuatan untuk kita.
kembali lagi ke pokok yg mau saya ceritain, kalo post saya kemarin tentang kepribadian kita, nah yang sekarang ini tes tentang pola / bagaimana cara kita berpikir.. dengan memahami cara berpikir maka akan lebih mudah untuk mengetahui cara belajar yang bagaimanakah yang paling sesuai untuk kita. kalo udah gitu belajar bakal lebih mudah, informasi bakal lebih mudah terserap, belajar jadi lebih efektif, dan waktu yang terpakai juga otomatis jadi lebih efisien. kedengaran hebat ya? iya dong!
tesnya dikutip dari buku Quantum Learning (Bobbi DePorter & Mike Hernacki), buat yang penasaran dan pengen mengetahui cara berpikir masing masing, silahkan ikuti dulu tesnya disini. dan ketahui lebih jauh tentang tipe tipe pemikir, apakah kamu tipe sekuensial konkret, sekuensial abstrak, acak konkret, atau malah acak abstrak. semoga bermanfaat deh. 
ngomong-ngomong, enam tahun yang lalu saya ikut tes ini dan hasilnya saya adalah pemikir tipe acak abstrak. tapi barusan saya coba tes lagi eh hasilnya saya malah jadi seorang pemikir tipe sekuensial konkret. whoaa bertolak belakang banget!! kok bisa sejauh itu ya berubahnya… yah saya telah banyak berubah ternyata. hahaha
   
Advertisements

2 thoughts on “Pemikir yang bagaimana kah kamu?

  1. kk skuensial abstrak wkwkwk

    tp definisinya jauhh dari apa yang ado di kk sm dikatoke
    Filosof, ilmuwan dan peneliti ternama mempunyai cara berpikir tipe ini, mereka berpikir dalam konsep, dan menganalis informasi. Dunia mereka adalah dunia teori metafisik dan pemikiran abstrak. Mereka sangat menghargai orang-orang dan peristiwa-peristiwa yang teratur rapi. Proses berpikir mereka logis, rasional dan intelektual. Aktivitas favorit mereka adalah membaca, dan jika mereka mengerjakan sesuatu mereka akan melakukan dan memikirkan secara mendalam. Mereka ingin mengetahui sebab-sebab dibalik suatu akibat serta memahami teori-teori dan konsepnya. Biasanya mereka lebih suka bekerja sendiri dari pada berkelompok.

  2. kk Sekuensial Abstrak

    tp masak kk dikatoke

    Filosof, ilmuwan dan peneliti ternama mempunyai cara berpikir tipe ini, mereka berpikir dalam konsep, dan menganalis informasi. Dunia mereka adalah dunia teori metafisik dan pemikiran abstrak. Mereka sangat menghargai orang-orang dan peristiwa-peristiwa yang teratur rapi. Proses berpikir mereka logis, rasional dan intelektual. Aktivitas favorit mereka adalah membaca, dan jika mereka mengerjakan sesuatu mereka akan melakukan dan memikirkan secara mendalam. Mereka ingin mengetahui sebab-sebab dibalik suatu akibat serta memahami teori-teori dan konsepnya. Biasanya mereka lebih suka bekerja sendiri dari pada berkelompok.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s