family : kompleks, heterogen, dan multikultural.

gw terlahir dalam keluarga super besar, yang alhamdulillah hubungan antar anggota keluarga satu sama lain terjalin dengan baik dan harmonis. well, bukan berarti always happily forever ever after macem di cerita dongeng. cekcok, ribut ampe saling gebrak meja juga sering tapi beberapa hal begitu ga cukup untuk bikin gw memandang keluarga gw sebagai keluarga yg ga harmonis.
kalo elo adalah pemantau setia tulisan gw dari jaman ni blog baru lahir, mungkin gw udh pernah cerita sebelumnya kalo kakek buyut gue (bapanya nenek dari sebelah nyokap gw) adalah seorang pelaku poligami. poligami adalah hal yang cukup tidak asing di keluarga gw..abangnya nyokap bininya 4 cere satu tinggal 3. terus adeknya nyokap gw bininya 2. Nah kalo bini kakek buyut gw itu ada tiga…. (eh tiga apa empat ya? wkwkkw).
 Nenek gw (emaknya nyokap) adalah anak ke 5 dari istri pertamanya kakek buyut gw. ribet? banget! intinya gini deh, nenek gw total ada 18 bersaudara. karena jaman dulu program KB belom ‘in’ jadilah nenek gw dan para sodaranya punya anak banyak banget…. (FYI nenek gue punya anak 13 ekor orang)  kalo sodara-sodara nenek gw (gw pukul rata deh) anaknya 10, maka 10 dikali 18. so cucu kakek buyut gw ada 180 orang. sepupu nyokab gw sebanyak itu! sekarang 180 orang itu sudah beranak pinak juga. can you imagine?
Mungkin lo mikir, hey… hallooo… jaman gini enggak ngurusin lagi kaliii ama sepupunya nyokap, rempong deh ih lo ngurusin cerita ampe ke buyut-buyut gituuu….  nope, ga gitu di keluarga gw. gw wajib tau silsilah. gw wajib tau asal usul gw ini dari mana. keluarga gw ada arisan tiap satu bulan sekali yg bikin gw mau ga mau, menjadi hapal, paling ga, gw tau orangnya tau silsilah dia anak siapa, cucunya siapa, meski kadang-kadang gw lupa namanya. hahaha.
dari sekian banyak anggota keluarga itu, gw banyak memetik pelajaran.. boleh dibilang lo mau nyari kejadian macam apa, maka gw (biasanya) akan bisa contohkan dg yg terjadi di keluarga gw. dari yang bagus… ampe yg ga beres… dari yg alim banget… ampe yg kerjaannya ngobat dan triping-an.  lo mau cari yg lesbi, mau cari yg maho, ato lu mau cari yg klepto. ada! orang jawa, orang batak, orang sulawesi, dll. keluarga gw dah mirip toserba!
bytheway anyway busway, gw bersyukur meski keluarga gw ga bisa dibilang sempurna. ini anugerah buat gw. lahir dan besar dalam keluarga dengan kompleksitas tinggi adalah satu hal yg ga semua orang dapatkan dalam hidup. (inti gw nulis apaan sih? hehhe gw pengen ngajak elo bersyukur atas hal hal yg diberikan Tuhan ke kita, yg belum tentu dialami oleh orang lain..)
   
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s