Trance #2

Pemandangan tidak lazim sering gw temui dari gw kecil. Rumah lama gw adalah rumah tua yang khas sekali tipikal rumah tua: dibangun melebar tembus sana tembus sini dengan banyak ruangan mubazir. itu rumah peninggalan nenek (dari sebelah emak). anak nenek gw ada 13 orang. itu rumah ceritanya dua lantai. dengan 11 kamar tidur dan 5 kamar mandi.  ditiap lantai ada dapurnya sendiri, ruang makan, dan ruang keluarga serta ditambah ruang yang ga jelas dibikin untuk fungsi apa, ya itu tadi sebutlah sebagai ruang mubazir. Hmm buat ilustrasi, bayangkanlah rumah-rumahnya suzzana di film-film horor jaman dulu itu. 90% mirip begitulah. lebih mirip mess ketimbang rumah!

belum cukup horror dengan arsitektur nya, perabotan disana juga horrorrrrr sekaleee. dinding dihiasi potret-potret tua orang-orang yang udah meninggal, hiasan kepala rusa (lebih tepatnya tengkorak rusa) yang ada tanduknya itu. patung harimau (harimau beneran yang isi perutnya dikeluarin terus diawetkan), kursi goyang gede yang suka goyang-goyang sendiri di pojokan, dan ada juga alat untuk muter piringan hitam yang jadul banget.

di rumah ini gw tumbuh besar.. dari kecil sampe penghujung SMP gw baru pindah. Disana seperti sarangnya yang horor horor. Mulai dari perempuan berambut panjang di dapur; anak kecil yang suka lari-lari turun naik tangga; laki-laki item tinggi besar pake jubah di lantai dua; perempuan yg suka nimbrung gw main; dan kakek-kakek pake gamis+sorban putih yang suka berdiri di pojokan ngawasin gw. Di depan rumah ada pohon alpukat yang gw inget pas gw kecil udah ditebang karena ada kuntilanaknya (konon suka gangguin orang lewat dan pohonnya ditebang atas request para pengguna jalan). ada juga pohon sukun yang besar banget. itu jg orang yg lewat sering bilang klo ada penghuninya. om gw cerita kalo tetangga-tetangga sering liat noni belanda pake gaun lebar, dan berpayung mondar-mandir dibawah pohon itu.

pas ketemu yg begituan, rasa takut sih ada… merinding merinding semriwing gimana gitu… tapi gw kagak pernah histeris ketemu yg begituan. sok cool. hahaha. ketemu ‘itu’ bukan cuma dirumah…. tapi jg di sekolah. pas gw SMP gw dikasih liat sosok perempuan yg nunggu perpustakaan. ato kelebatan putih-putih mondar mandir di depan pintu kelas. pas SMA sosok perempuan yang tinggi badannya lebih tinggi dari plafon di deket tempat jemuran, sosok aneh entah cewe entah cowo berambut ikal emas yang ngeliatin dari samping ruang bahasa indonesia. dan the lady in white di ruang osis. 

setelah gw pindah rumah ke rumah gw yg sekarang, ketemu hal-hal begitu jg ga berhenti ternyata. fyuuh.. di kamar gw adalah tempat yang aneh sendiri. orang serumah bilang selalu merinding begitu masuk kamar gw. gw pernah jg dipindahin posisi tidurnya sm yg nunggu kamar sih.. hehehhe… dia perempuan. baik kok. cantik enggak serem. di ruang makan gw pernah liat laki-laki item gede. dan ada yang berbulu nangkring di atas lemari mirip monyet. diluar jendela depan kamar gw ada kakek-kakek nya. dan di pojok depan deket kamar nyokap ada anak kecil dua orang suka main kejar-kejaran dan ketawa-ketawa tengah malem.

kadang gw suka bingung sendiri… gw ga ada tempat bertanya dan belajar tentang hal beginian. kadang gw merasa bingung apa yang gw liat ini bener adanya, apa cuma halusinasi gw? gw ga tau ini gw cuman sok tau, apa gimana? tp bener gw ga ngada-ngada. sekalinya gw ceritake temen, mereka gak percaya dan bilang kalo gw lebay. gw coba cerita ke pacar, pacar gw bilang gw norak dan terlalu klenik.

gw emang ga pernah ketemu face to face saling tatap sama yg begituan. gw ga bisa liat dan menggambarkan mereka secara betul betul detail. dan gw ga bisa komunikasi dg mereka. gw ga akan bisa liat ‘itu’ kalo gw sengaja mau liat. anehnya pas gw ga niat dan sedang tidak memikirkan hal hal begitu eeeeh nongol dia.

orang bilang…. ini keturunan. kalo di runtut-runtut mungkin ada benernya juga sih…. kakek buyut gw dari sebelah bokap adalah seorang cenayang kampung. ngobatin orang sakit, ngobatin orang kesurupan. ya begitu begitu deh… tapi gw ga sempet ketemu beliau. kakek gw dari sebelah bokap (abah) jg begitu meski kadar kecenayangannya ga sehebat kakek buyut gw.. tapi emak gw cerita abah jg bisa ngobatin orang kesurupan gitu.. nah bokap gw emang ngilmu alias belajar beladiri apa gitu, tenaga dalam apa gitu.. gw ga ngerti. kata emak gw bokap gw bisa liat juga. dan beberapa temen gw yg ngerti hal begituan seringnya lagsung ngomong gini “babe elu bisa liat bil, pegangannya banyak.” tapi bokap gw ga terbuka tentang hal hal begitu ke gw..  gw jg jarang cerita ke bokap tentang apa yg gw liat. Sekali-sekali gw cerita bokap, doi ga komen banyak-banyak.. cuma nyengir kuda dan bilang “iya, emang ada.” ~ngeeeeeek

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s