orang-orang di balik layar

beberapa hari ini, saya sedikit disibukkan dengan hana-hene pendaftaran wisuda. ada beberapa berkas yg harus di urus, laporan yang harus direvisi dan di jilid, dan tanda tangan para pejabat teras yang harus dikejar. belum seluruhnya rampung, tapi insyaAllah titik terang di depan mata udah keliatan. Saya belum cerita ya, kemarin tanggal 6 November, saya dan Fe (akhirnya) sidang sarjana. dan  kami lulus dengan nilai A. seneng pastinya, tapi entah kenapa berasa ada yang hilang. ada rasa rindu dengan perasaan excited pas ngerjain skripsi. heheh songong ya? maaf deh… becanda

cerita tentang skripsi, skripsi saya ini termasuk yang berliku panjang.. saya udah punya judul yang mau saya angkat dan udah di ACC sama pembimbing I itu pas januari 2012. tp saya baru rampungkan semua tgl 6 november. I need 10 months! nyusun apa sampe selama itu coba? untuk sebuah karya tulis ilmiah setebal CUMA 110++ halaman, masa sepuluh bulan itu kelamaan.. Mama saya saja ampe sewot, “ngerjain apa dek? gak ada orang nyusun skripsi sampe setahun!”

well.. ceritanya saya sempat gonta ganti judul, lebih tepatnya bukan gonta-ganti, tapi berada dalam situasi terombang-ambing diantara beberapa judul skripsi. pembimbing II saya sedikit rewel kala itu..hehehe. akhirnya fix judul yang saya angkat itu bulan Juni. hiks… dan sidang TA 1 itu bulan september. sidang kompre bulan november. dulu saya sempet sebel sama Pembimbing II saya, tapi setelah saya jalani semuanya, saya justru berterima kasih sekali… betul-betul berterimakasih. mungkin kalo beliau ga rewelin saya, ga akan kelar November ini si skripsi itu.

proses penyusunan nya, saya dibantu banyak orang. selain mama dan pacar yang suka cerewetin, mamanya pacar yang suka nanya-nanyain, sahabat-sabahat jaman SMA yg udah sarjana duluan yang suka ngeburu-buruin biar skripsi cepet kelar, ada juga beberapa orang-orang dibalik layar…. yang besar sekali jasanya… tanpa mereka entah apa jadinya skripsi saya.

1. jelas ibu Pembimbing II saya, beliau adalah pembimbing terbaik yang pernah ada! care sekali sama mahasiswa, dan kontrol nya itu loh… beliau suka sms kalo udah mepet deadline.. ngingetin biar skripsi nya cepet dikerjain. mana coba dosen begitu… jarang banget ada.. dan klo beliau ga rewelin saya pas awal-awal dulu, mungkin saya tetep angkat judul skripsi yang ga tau juntrungannya itu. yang ribet ga karu-karuan. Ibu pembimbing saya yg menyarankan untuk angkat topik simpel aja. hehehe… makasih ibu.

2. pembimbing I ku. bapak pembimbing I ku ini care juga, suka nanyain juga skripsi saya udah sampe mana. kapan mau bimbingan. mau bimbingan dimana. kenapa kok lama banget selesainya, ada kendala apa. haha.. baik-baik ya. Alhamdulillah sekali saya dpt pembimbing yg baik dan care semua.

3. para penguji yang kooperatif sekali. 🙂 saya di cecar, coding saya dikuliti, tulisan  saya di kritisi. tapi tidak disudutkan. padahal.. di kalangan mahasiswa, kedua penguji saya ini punya selempang imajiner bertuliskan penguji killer.. dengan predikat pembantai nomer satu. hahaha.. alhamdulillah deh. memang kalo saya perhatikan beliau berdua punya cara menguji yg khas. sekali kepleset akan sulit bangun lagi karena makin dijatuhkan. makanya hati-hati biar kagak kepleset.

4. Ferizka Tiara Devani a.k.a Fe. sohib seperjuangan dari awal kuliah. temen sekelompok belajar, sekelompok bikin tugas, sekelompok diskusi, temen pulang pergi, temen gosip, partner in crime. dan kebetulan (well, bukan kebetulan tapi memang direncakanan hihihi) kami angkat tema skripsi yang serupa, dengan metode pengolahan data yg sama, kebetulan pembimbing kami sama. dan kebetulan juga penguji kami sama. superrr tiada tanding tiada banding sekali. maka wajar kalo kemana saya biasanya ada dia. dan kemana dia ada saya juga disana. 🙂 jasanya tiada tara juga ni orang. temen satu semangat satu perjuangan satu rasa males. hahahaha. kalo ga bareng fe, mungkin TA ku akan makin molor….

5. Edo Hadiwardaya, temen spesialnya si Fe atas jasa-jasanya memberikan inspirasi pada tema skripsi, mengenalkan saya pada Fuzzy Database Model Tahani, menghibahkan beberapa jurnal hasil googlingannnya, dan mempertemukan saya pada seseorang dibalik layar juga: saudara Tommy. hehehe

6. Tommy Fajerin. yang tidak terperi jasanya. kak Tommy ini yg membantu merampungkan coding program saya, ngasih penjelasan panjang kali lebar tentang sintax dan algoritma, dan ga marah kalo saya minta ngulang-ngulang penjelasan sampe saya yang oon ini ngerti. kadang jadi temen begadang juga nih orang. haha

7. Iqbal Parabi. temen satu pembimbing. tempat bertanya tentang apa-apa yang saya gak ngerti, tempat nanya prosedur ini-itu. orangnya rapiiiiii sekali. laporan saya terinspirasi dari laporan dia. kata-katanya lugas, to the point, ga muter-muter. tatanannya simpel dan rapi. enak banget untuk di contek. hahahha thank yaaaa parabiiii. Semangatnya boleh di acungi jempol. saya masukkan dia juga sebagai orang dibalik layar atas spirit yang ditularkannya. jasanya tidak terperi terkira (tadinya pake diksi terperi, cuma inget klo dia kmrn2 nanya, “nab, emang tak terperi artinya apaan?” -__- hadeh)

8. Mbak Ndi. mbak administrasi jurusan yang baik sekali… 🙂 beliau membantu dalam kelancaran TA, ga pelit pulsa suka nelpon/sms klo ada info. dan suka kasih kelonggaran ke saya. hehehe. can u imagine, saya baru bikin SK TA pas mau daftar kompre looooh hahahha jd ceritanya saya lupa klo SK TA itu dibutuhkan. darimana rumusnya coba bisa gitu? dan terimakasih juga beliau yg suka minjemin ruangan jadi basecamp sementara, tempat nitip tas, nitip laporan, numpang ngecas hape, tempat nongkrong, dan menyediakan alat tulis super lengkap untuk saya pinjem. hehehe.

9. Kak Irawan. sebagai informan yang tanpa pamrih.. kemudahan-kemudahan saya nemuin dosbing juga karena bantuan kakak ini… beliau suka sms diwaktu yang tidak terduga-duga.  “dek, pak jaidan di bukit. sekarang!” dan saya akan ngacir ke kampus saat itu juga. hehehe.

10. Kak Toni. yang menyediakan motor untuk saya tumpangi. wara wiri saya beli snack untuk sidang misalnya (walopun waktu itu ga jadi karena malah di anter sama fadli. thx fadli ^_^ ), buru-buru ke terminal, ato apa gitu akan terjamin kalo ada kak toni. hehehe.

11. Kak eja. kakak bagian akademik yg paling baekk baeeek baeeeek bangetttt. ngurusin nilai, transkrip, berkas ini berkas itu. baeeek banget kak, semoga Allah membalas kebaikanmu ya kak.

12. The Big Family of SI 2008. solidaritas, perhatian, dukungan, bantuan, bagi-bagi pengalaman, cerita asem manis, bumbu-bumbu pahit getir yang membuat penyusunan skripsi ini berwarna.

13. pak mustar yang bersedia nganter jemput. kesana sini, bolak balik bukit-layo-bukit lagi kadang nungguin saya ngapa-ngapain di kampus.. ampe tertidur-tidur saking lamanya. makasih yaa…. mobilitas terbantu sekali jadinya.

14 15 16 17

(masih banyak… nti saya lanjut lagi. ni ceritanya bersambung dulu hehe)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s