Mereka Menang Pengalaman

Wallahi. Aku mengamati. Aku berpikir.

Dalam lingkungan seperti apa seorang anak tumbuh dan dibesarkan, seperti itu pula pola pikir dan cara hidup mereka tercetak. Aku setengah mati mengagumi teman-temanku yang dibesarkan oleh orang tua dari kalangan akademisi berpendidikan tinggi yang memandang pendidikan sebagai sebuah kebutuhan dan bukan sekedar tuntutan agar tidak tergilas zaman. Punya orang tua seorang doktor, profesor, pastinya mereka dibesarkan dalam atmosfer diskusi dan semangat meneliti. Mereka menang dalam pengalaman. Saat perjalananku masih disekitar bermain air di kubangan sisa hujan di depan rumah, mereka telah jauh di negeri orang, melihat dunia, berbicara bahasa asing, mereka belajar banyak.

Berdiskusi dengan anak-anak itu, teman-temanku, aku merasa mereka telah berpikir satu tahap lebih maju, setidaknya daripada aku. Beruntungnya mereka

Bukan lantas mengecilkan orang tuaku. Orang tuaku adalah orang tua terbaik yang tercipta dan dianugerahkan Tuhan kepadaku, dan aku tidak akan menukar mereka demi apapun. Mereka mengasuhku dengan sangat baik, mendidikku tanpa kekurangan suatu apapun. Mereka menanamkan banyak sekali nilai, membekali kepadaku macam-macam pengetahuan yang jarang orang lain tahu. Aku bersyukur kepada Tuhan karena aku dapatkan mereka.

Perbaikan kulitas kehidupan itu dimulai dari diri kita sendiri kan? maka here I am. aku bersekolah, mengenyam pendidikan tinggi agar nanti anak cucuku memiliki kesempatan untuk dibesarkan oleh seorang ibu yang cerdas dan berpemikiran terbuka. hingga iriku yang tadi tidak terulang lagi pada anak-cucuku..

Tapi hidup tidak cuma batas situ toh. ilmu pengetahuan harus dibekali taqwa. karena ilmu tanpa agama buta, dan agama tanpa ilmu, lumpuh. Hidup ini singkat kawan. Sudah betulkah cara kita memaknainya?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s