Zhafran, anakku

konon, para jagal bisa membedakan kalau sapi betina yang mereka potong, anaknya pernah mati. organ hati pada induk sapi yang anaknya pernah mati ini berlubang sesuai jumlah berapa kali anak mereka mati. konon lagi, lubang itu disebabkan duka nestapa yang induk-induk sapi ini derita kala anak-anak mereka mati.

sabtu 1 oktober 2016 malam, aku sadari bahwa bayi dalam perutku tidak bergerak. biasanya si abang bayi dicolek dikit dia balas tendang. resah dalam hati kenapa anakku ini tidak ad respon. kebetulan juga suami sedang ada di palembang, pagi minggu 2 oktober 2016 kami ke RS Hermina untuk kontrol kondisi si abang bayi. ibu dsog bilang detak jantung anakku tidak ada lagi. dia sudah tidak bersama kami.

4 oktober 2016, setelah 48 jam dalam kesakitan induksi anakku berhasil lahir secara normal ke dunia ini. 25 minggu usianya, sudah lengkap semua organ tubuhnya, lengkap jari dan kukunya, lengkap semua mata telinga mulut. telah lahir seorang bayi laki-laki yang kami namai Zhafran. anakku yang tampan seperti ayahnya. Zhafran lahir dalam sunyi, tak ada tangis, tak ada nafas, tak ada nyawa.

Pilu… patah hati. belum pernah aku merasa sakit sesakit ini. aku tatap anakku, aku gendong, aku pegang jemarinya. ya Allah nak… demi Allah, ibu cinta sama kamu nak, wallahi, ibu sayang sekali sama kamu nak…..
dia yang enam bulan selalu temani ibunya setiap malam, tendang-tendang perut ibu dari dalam. akhirnya kita berjumpa ya nak.

entah apa hikmah dibalik kehilangan ini, satu yang aku yakini ini adalah jalan yang sudah digariskan Allah untuk terjadi kepada kami. ibu dan ayah ikhlaskan abang Zhafran pergi.. abang Zhafran nanti yang akan menjemput ibu dan ayah di padang mahsyar, menyuguhkan cawan-cawan air penawar dahaga untuk ibu dan ayahnya. Zhafran tunggu ibu dan ayah ya nak, janji akan jemput ibu dan ayah nanti, ibu dan ayah kangen sekali..

10 oktober 2016. genap 25 tahun usiaku. aku seorang istri, kini juga seorang ibu. dengan sebuah lubang dihatiku.

image

Zhafran dan Ibu

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s