Pra UAS

Program Sarjana Sistem Informasi Unsri – Semester ganjil 2016/2017

PraUAS Praktikum Analisis dan Perancangan Sistem Informasi

PT.Comber adalah perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur ember. Dalam pelaksanaan bisnis PT.Comber terbagi menjadi beberapa bagian dimana terdapat jabatan sesuai dengan departemen yang ada. PT.Comber dalam perkembangan perusahaannya menghadapi beberapa kesulitan dalam sistem penentuan upah overtime (lembur).

Pihak eksekutif PT.Comber bermaksud membangun sebuah sistem informasi yang membantu proses penghitungan upah lembur. Sebuah studi kelayakan telah dilaksanakan, dan salah satu hasil studi adalah rekomendasi untuk membuat sebuah aplikasi sistem informasi untuk melakukan manajemen penghitungan upah lembur. Rincian proses pelaksanaan kerja lembur di PT.Comber adalah sebagai berikut:

  • PT.Comber memelihara data buruh yang memuat informasi detail tentang buruh (nama, jenis kelamin, dan alamat, dsb). Setiap buruh tergabung dalam sebuah departemen. Buruh dibayar sesuai dengan gaji pokok yang telah ditentukan berdasarkan golongan atau jabatan masing-masing buruh.
  • Pelaksanaan kerja lembur dilakukan buruh secara situasional. Apabila permintaan pasar untuk ember meningkat, maka PT.Comber melakukan produksi ekstra yang mengharuskan para buruh bekerja lembur. Upah lembur dihitung berdasarkan berapa jam para buruh melakukan lembur.
  • Setiap bulannya pada buruh membawa pulang sejumlah uang dengan slip gaji yang berisi rincian gaji pokok ditambah dengan upah lembur.  Bagian keuangan  bertanggung jawab atas adanya laporan gaji dan upah lembur. Laporan ini juga disampaikan kepada pimpinan.

Anda diminta untuk membuat sebuah rancangan aplikasi sistem penghitungan upah lembur untuk PT.Comber sesuai dengan deskripsi yang telah diberikan. Jika diperlukan anda dapat menambahkan sejumlah asumsi. Dalam melakukan perancangan, anda diminta untuk menghasilkan:

  1. Entity relationship diagram dari sistem penghitungan upah lembur untuk PT.Comber beserta penjelasan singkat untuk masing-masing entitas.
  2. Diagram dekomposisi untuk identifikasi terhadap proses bisnis yang terjadi di sistem penghitungan upah lembur untuk PT.Comber
  3. Data flow diagram untuk sistem penghitungan upah lembur untuk PT.Comber  (mulai dari diagram konteks, hingga ke DFD level paling tinggi).
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s