Jangan Nyontek!

Pekan ujian akhir semester di kampus tempat saya mengajar dimulai per 5 Desember 2016. sebagian besar matakuliah yang saya ampu ujiannya bersifat tutup buku alias closebook dan secara individu. Mahasiswa dituntut untuk mengerjakan sendiri dengan menjunjung tinggi nilai kejujuran. sembari mengerjakan soal, mahasiswa-mahasiswa ini “ditemani” oleh pengawas ujian yang biasanya  sih dosen pengampu itu sendiri. Ngomong-ngomong tentang ngawas ujian, mengawas ujian itu rasanya campur aduk. tidak sulit. tapi juga tidak mudah. dan seringnya sih, menggelikan.

menggelikan karena yang pertama saya suka inget dulu saat saya di posisi mereka. saya mencoba mengingat ingat bagaimana rasanya. dan suka geli juga kalo kepikiran bahwa saya saat ini di posisi dosen saya dulu. oh begini rasanya ngawas mahasiwa ujian. wkwkwk.  But I wonder, posisi pengawas kenapa harus berhadapan dengan mahasiswa yang ujian ya?  idealnya pengawas tidak di muka kelas dengan berpuluh mahasiswa dihadapannya. karena jadinya suka kebalik bukan dosen mengawasi mahasiswa, tapi mahasiswa mengawasi dosen, mencari celah. kalo kalo siapa tau dosennya lengah terus mereka bisa nyontek.

wahai mahasiswa, ketahuilah, dosenmu dulunya adalah mahasiswa juga. hehehe. they’ve been on your shoes! jadi, dosen itu paham benar gelagat mahasiswa nyontek dan sudah hapal betul 1001 jurus nyontek mahasiswa. Pssst, saya kasih tau ya, mahasiswa nyontek itu punya tingkah yang khas. mereka suka sok sok sibuk, sok sok mikir, sok sok mengalihkan pandangan  biar keliatannya lagi fokus padahal buyar. jadi untuk para mahasiswa, Jangan Nyontek! 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s