Starbucks Card

Siang tadi saya ada janji meet up sama temen kuliah yang mau nikah Febuari entar. ceritanya meet up sekalian temen saya itu ngasih kain buat seragaman bridesmaid gitu.. Karena, well, Palembang gak banyak pilihan nongkrong asik, yang terlintas di kepala saya pertama kali adalah paling nongkrong di mall deh. alhasil kita berdua janjian meet up di PI jam 12 siang.

Sampai PI, berdua akhirnya memutuskan untuk ngopi cantik di Starbucks. Lumanyanlah untuk ngobrol ngalor ngidul, saya punya waktu sekitar tiga jam sebelum harus jemput Mama. Pas pesen beverages, saya iseng nanyain saldo di starbucks card saya.

(S : Saya, B: Barista)

S: “Mas, coba sekalian dicek dong, saldonya tinggal berapa?”

B: “Nol Rupiah, mbak.”

S: “Oh Nol ya.. Sekalian di top up aja mas kalo gitu, top up nya pake debit card bisa ya…? 200 ribu boleh.”

B: “Bisa…”

*gesek kartu di mesin edisi – minta pin – struk dicetak.

B: “Mbak… maaf ini kartunya sudah expired.”

S: “…….”

B: “Jadi gimana nih?”

*gubrak! kok dia nanya saya?

S: “Ya gimana dong?”

B: “register kartu baru aja ya, soalnya debitnya udah kepotong 200 ribu”

S: “terus kalo kartu baru kena biaya berapa?”  *setengah bete

B: “free kok mbak”

S: “oke..” *gak jadi bete

B: “ini ada edisi holiday, sama edisi black for man. mbak mau yang mana?”

S: “yang holiday aja..”

B: “oke. registrasinya seperti biasa ya mbak….”

S: “oke”

kemudian saya dan temen saya happy ending ngopi cantik sampe jam tiga.

Sampe di rumah, saya penasaran kan.. lanjutlah kepo-kepo tentang starbucks card ini. seinget saya sbuxcard gak ada expired (atau saya yang belum tau). hasil baca di FAQ di webnya ternyata emang ada expired, yaitu kalo kartunya gak dipake selama 12 bulan. artinya saya sudah sangat lama gak ngopi ke starbucks. Setelah diinget-inget sejak pindah ke Palembang emang ngopi di Starbucks paling banyak ada lima kali, dua kali di bandara bayar pake cash, sekali nongrong sama Nadia bayar pake cash juga, dan dua kali lagi nongkrong bareng suami dan bayarnya pake sbuxcard nya suami.

My bad, memang sbuxcard saya sudah cukup lama terlupakan. jadi tadi begitu dikasih kartu baru, kartu lamanya diminta sama mas baristanya. Padahal saya suka desainnya.. sbuxcard lama itu edisi winter, bikinnya dulu pas ke Bali mampir Starbucks di Kuta Beachwalk. ah sedihnya… tapi yang baru juga sebetulnya cantik sih, shabby chic vintage gitu. ya sudahlah.

rasa penasaran saya belum terpuaskan, saya ngecek email dan search arsip-arsip email dari Starbucks, ternyata September lalu mereka ada remind saya bahwa sbuxcard udah mau expired. Terus pas Oktober mereka ada kirim email lagi, ngasih tau kalo sbuxcard saya sudah hampir mati. Hahahaha… my bad. maafkan saya yang ignorance, dan saya lanjut geli sendiri sambil cengir-cengir najong.

nah.. yang jadi pertanyaan, apakah saldo saya yang Nol Rupiah tadi adalah gara-gara kartunya expired terus duitnya ikut expired, atau emang saya yang udah ngabisin saldonya sampe tak tersisa? saya cari info tentang ini gak nemu… yang ketemu adalah bahwa sbuxcard expired maka stars yang sudah kita kumpulkan ikut expired (I lost 11 stars.. worth to free 1 grande beverage! belum rejeki)  Tapi dari sekian FAQ itu ga ada yg ngomongin tentang saldo apakah ikut expired juga bersama kartu. in case iya… maka bahaya juga ya! kalo pas expired saldo masih banyak, kumaha?

Oia, jadi buat yang mungkin belum familier sama Starbucks Card ini, jadi sbuxcard ini adalah seperti BCA flazz, BNI Tap-Cash, Mandiri E-Money, Telkomsel T-cash, ya pengganti duit cash gitu. jadi belanja di Starbucks kita bisa bayar pake gesek kartu ini. Nanti kartunya bisa di top up kalo saldonya habis. kelebihannya adalah kalo belanja pake sbuxcard maka transaksi kita tercatat gitu dan kita dapet Star yang kalo dikumpulin bisa di redeem utk reward beverage / food gratis gitu. Dulu pas di Bandung tiap tanggal 18 setiap bulan ada promo gratisan beverage untuk pengguna sbuxcard dengan catatan harus bawa tumbler sendiri. at that time saya adalah mahasiswa kaya raya yang suka menghamburkan duit beasiswa dengan nongkrong ngopi cantik di Starbucks (berkedok ngerjain tesis). kalo macem sekarang yang sudah jarang-jarang ke Starbucks sepertinya sbuxcard ini tidak cukup bermanfaat.. karena stars yang dikumpulin itu juga ada masa expirednya which is 6 bulan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s